Kamis, 15 September 2011

Aku ingin belajar jadi Blogger Profesional

Blogger Profesional ? ya, itulah yang sekarang saya inginkan. Ternyata menjadi blogger itu mudah, tapi tidak mudah menjadi Blogger Profesinal. Mungkin dari sekian banyak dari anda yang sekarang sedang beraktifitas sebagai Blogger, kebanyakan karena minat atau hobi atau bisa juga karena keinginan2 lain. Tapi hati2, jika anda terlalu hobi bisa saja anda termasuk orang yang kurang beruntung karena sudah banyak waktu dan energi yang anda gunakan untuk ng-blog tapi anda belum mendapatkan apa-apa, baik berupa materi atau bukan materi.

       Untuk itu, buatlah target agar waktu dan energi yang anda gunakan untuk ng-blog tidak sia-sia. Ingat ! manfaat berupa kesenangan saja tidak cukup, karena " Waktu adalah nikmat yang paling berharga ". Nah, untuk itu kita harus belajar lebih serius lagi agar menjadi Blogger Profesinal. Semua itu tidak lepas dari yang namanya BELAJAR. Berikut sayarat-syarat menjadi Blogger Profesinal :

1. Waktu

Blogger profesional harus memiliki waktu mengelola blognya. Bukan hanya penting untuk membuat postingan bagus, waktu juga penting untuk berinteraksi dengan blogger lain, mengumpulkan informasi, melakukan riset online, blog walking, dan sebagainya. Diusahakan setiap harinya rekan-rekan blogger bisa mengupdate blognya minimal 1-2 jam.

2. Keahlian

Blogger profesional harus memiliki keahlian (kepakaran) di topik yang dipilihnya. Misalnya, bila ia memilih topik akuntansi, maka dia harus ahli di bidang tersebut. Selain dipercaya pembacanya, ia juga punya autoritas di bidang tersebut. Yang perlu dicatat, keahlian ini hasil dari belajar berkesinambungan (continuous learning).

3. Minat terhadap Topik yang Dipilih

Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat blogger tentunya akan lebih menyenangkan sehingga kemungkinan untuk timbul masalah kebosanan akan dapat diatasi.

4. Kemampuan Menulis

Blogger profesional harus memiliki kemampuan menulis yang baik dilihat dari tata bahasa, alur cerita tulisan, dan kemudahan tulisannya dimengerti pembaca. Kemampuan ini tidak harus sebaik sastrawan atau pujangga, minimal tulisannya dipahami pembaca.

5. Pengetahuan Teknis Blogger

Disukai atau tidak, blog itu berbasis content management software. Blogger profesional harus memiliki kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain-lain.

6. Pengetahuan Blogger

Blogger profesioanal harus tahu dasar-dasar ngeblog antara lain bagaimana menggunakan trackback, ping, SEO, social bookmarking, twitter, RSS feed, face book, podcast, youtube, dan autoresponder.

7. Kemampuan Mendesain Blog

Desain blog sangat penting terhadap kesuksesan blog. Tentunya konten adalah rajanya. Namun, desain blog yang unik, cepat diakses, dan sistem navigasi yang informatif, akan membuat kesan pertama yang menggoda bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, blogger profesional sudah selayaknya mengetahui dasar-dasar HTML, CSS, dan optimisasi blog.

8. Pengetahuan Bisnis / Marketing

Blogger profesional harus memiliki kemampuan bisnis dan cara memasarkannya. Semakin baik memasarkan blog atau produknya, semakin besar peluang mendapat trafik dan uang. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis.

9. Kreatif dan Inovatif

Kreatif artinya memiliki daya cipta, sementara inovatif adalah menemukan hal baru. Kreatif dan inovatif akan membuat blogger profesional mampu membuat tulisan berkualitas, menemukan cara baru untuk mempromosikan blog atau produk, dan menemukan cara baru monetisasi.

10. Memiliki Jaringan (Network)

Prinsip sederhananya, blogger profesional memiliki hubungan baik dengan blogger lain. Terlebih hubungan baik dengan blogger papan atas. Tentunya, hubungan ini bersifat win-win solution (tidak ada yang dirugikan).

11. Kemampuan Berkomunikasi

Blogger profesional setidaknya mengerti bahasa Inggris karena postingan bermutu dari blogger top yag ditulis dalam bahasa Inggris atau mungkin saja berinteraksi dengan blogger luar negeri. (sumber:www.bloggerborneo.com)

Apa ada diantara teman2 yang memenuhi syarat di atas ? Intinya saya harus berjuang lebih giat lagi. Tidak boleh pantang semanagat. Cay0oo Blogger Indonesia.

Buat teman2 yang ingin belajar bersama dalam dunia blog atau internet, silahkan kirim pesan ke aqin00@gmail.com. Saya butuh bimbingan dan teman dalam dunia blogger dan internet. :-)

0 komentar:

Posting Komentar