Sabtu, 10 September 2011

5 Cara Hindari Cyber Crime

Kejahatan di dunia maya atau sering juga di sebut Cyber crime, sepertinya sudah mulai merajalela. Kita di tuntut untuk berhati-hati dalam beraktifitas di dunia yang serba transparan ini. Apalagi jika kita adalah seorang marketing online, bisa-bisa kita jadi korban dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Di internet kita akan berjumpa dengan berbagai macam orang atau bahkan jutaan milyar orang yang mungkin bisa saja melakukan kejahatan seperti penipuan, pencurian identitas, phishing, dan semua jenis kejahatan lainnya dalam internet.

Jika anda salah satu dari mereka yang ingin menghindari kejahatan dunia maya, berikut tipsnya :

1. Perhatikan, Lihat, dan selidiki setiap link yang anda terima di e-mail anda sebelum mengklik.

sudah tidak asing bahwa scammer sangat mengganggu dengan menaruh link pishing(link yang tampak nama perusahaan padahal link tersebut adalah link scammer). Email seperti ini sangat sering saya jumpai di email saya. Terlalu besar resikonya jika kita mengklik link yang tidak kita kenal. Jika anda tidak yakin dengan link tersebut, anda bisa copy link(tanpa klik link) tersebut kemudian paste di search engine. Dengan begitu email anda akan lebih aman. Jika perlu, anda cari di google kata-kata penipuan, penipuan internet, pishing dan lain2. Dan ingat, jangan pernah klik link dalam email yang tidak anda kenal sumbernya.

2. Tulis Alamat Web secara manual di Browser.

Situs atau Web yang mengharuskan anda menulis data pribadi seperti bank, jejaring sosial, dan lain2 - hendaknya alamatnya ditulis secara manual di Adress bar. Hal ini lebih aman dari pada anda meng-klik link yang masuk ke inbox email anda.

3. Gunakan webservers aman untuk transaksi dengan Kartu Kredit Anda, dll.

Selalu mencari "https" (yang menunjukkan Web server aman) daripada "http" ketika Anda berbagi informasi sensitif. Untuk memastikan itu adalah "https" cek awal dari alamat web di address bar Anda.

4. Antivirus dan Firewall juga penting.

Jika scammer / phisher tidak bisa menipu anda untuk mengklik pada link, kemungkinan mereka akan mencoba untuk mengirimkan virus, sehingga Antivirus dan Firewall sangat penting untuk melindungi diri sendiri. Antivirus mudah didapat, banyak antivirus yang gratis dan kualitasnya tidak jauh beda dengan antivirus yang premium. Lebih baik install antivirus dari pada kehilangan data-data. Jangan lupa untuk sering-sering update.

5. Update diri anda

Sangat penting untuk tetap mengetahui bagaimana scammer menciptakan teknik yang berbeda setiap hari untuk merampok individu. Periksa anti-scam situs secara teratur, seperti mengunjungi blog dan forum.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar