Jumat, 30 September 2011

5 Tips untuk mendapatkan ide posting

Ide kreatif dan unik adalah salah satu keunggulan manusia. Apalagi ide kreatif ini anda peroleh bagi anda yang suka menulis atau penulis blog. Seperti kebanyakan penulis, mereka kebingungan hari ini apa yang akan mereka tulis, tentang apa sedangkan pengetahuan kita terbatas. Mungkin anda sering melakukan hal-hal yang membuang waktu dalam mencari ide untuk posting seperti duduk lama di depan komputer tapi hanya mendapatkan bebaerapa baris tulisan.

Ya, memang tidak mudah memiliki ide yang kreatif, tapi ada cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan ide kreatif dan unik. Berikut 5 Tips Untuk Mendapatkan Ide Posting :

Pertama : Membuat topik tentang Inspirasi



Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak hal-hal yang unik dan tanpa kita sadari sebenarnya ada nilai-nilai yang bermanfaat. Kita bisa melihat sekeliling kita dengan lebih berpositif Thinking. Sebenarnya ada banyak cara untuk bisa memunculkan perasaan Inspirasi pada diri kita, salah satunya dengan melihat gambar-gambar, foto pemandangan, foto keluaraga, dan akan sangat membantu jika anda memiliki kamera digital untuk menyimpannya di komputer anda. Bisa juga dengan cara melihat gambar-gambar di dinding atau browse di Internet. (Gunakan gambar untuk lebih mendalami imajinasi)

Dengan ini anda akan kagum, betapa banyak hal-hal yang bisa saja anda mendapatkan ide inspirasi.

Kedua : Waktu Offline untuk sementara

Sebagai seorang penulis, anda mungkin banyak menghabiskan waktu di depan komputer.  Atau ketika tidak di depan komputer, anda sibuk memeriksa email di Ponsel anda atau melakukan surfing internet di Ipad anda. Hal ini jika dilakukan dengan konstan, akan berakibat tidak baik bagi anda sendiri karena bisa membunuh kreativitas anda dalam menulis. Sebaiknya anda istirahat sesekali.

Jika anda tetap kesulitan mendatangkan ide kreatif anda, melangkahlah menjauh dari komputer anda dan istirahatlah. Berikut ada beberapa kegiatan yang bisa mendatangkan kembali ide kreatif anda :

Keluarlah dari kantor atau jika anda bekerja di rumah keluar sekedar jalan-jalan. Jika memungkinkan, keluar dari kota dan berjalan-jalan di alam bebas. Tidak bisa keluar dari hutan beton ? berjalan-jalan di taman atau kebun.
Ajak teman kerja kreatif atau keluarga dan memulai percakapan dengan topik yang menarik, terkadang hal ini akan membantu anda.
Atau anda bisa jalan-jalan ke tempat yang mungkin menurut anda tempat itu asing bagi anda. Dan jangan lupa isi perut anda secukupnya karena akan sulit mendatangkan ide kreatif jika perut anda berbunyi keroncongan.


Ketiga : Menulis bebas

Hal ini sangat mudah dan sederhana untuk anda lakukan. Pekerjaan ini sering dilakukan oleh anak SD. Ambillah selembar kertas putih dan jangan lupa bullpoinnya, maka tulislah apa aja yang terlintas di pikiran anda. Biarkan tangan anda berjalan semaunya dan menuruti apa yang ada di pikiran anda. Banyak apa yang anda lakukan tidak bisa digunakan, tapi hal ini justru akan memusatkan pikiran anda kepada hal yang baik-baik.


Keempat : Melihat lagi Artikel anda yang sudah lawas

Ide-ide besar sering kali datang dengan cara mengambil sepotong hal yang menarik. Terkadang seseorang mengedit lagi apa yang dia tulis dan menambahkan sedikit bumbu supaya lebih menarik. Selain itu, lihatlah apa yang terjadi dalam berita. Item berita dapat mendatangkan beberapa opini yang hebat bagi anda.


Kelima : Membuat Ruang Kerja Yang Menginspirasi Kreativitas

Jika ruang kerja Anda berantakan dan tidak mengundang, mungkin sulit untuk merasa terinspirasi. Hidupkan lingkungan kerja Anda ke tempat di mana Anda merasa bahagia dan rileks. Memasang foto keluarga dan teman-teman atau tempat yang Anda harapkan untuk mengunjungi suatu hari nanti. Memasang karya seni yang cerah dan berwarna-warni dan mencerminkan kepribadian Anda. Berinvestasi dalam beberapa lilin atau penyegar udara di aroma favorit Anda. Chamomile, melati dan lavender semua aroma menenangkan dan dapat membantu Anda untuk bersantai.

Anda juga akan ingin memastikan bahwa ruang Anda bersih dan terorganisir. Jika meja Anda ditutupi dengan tumpukan kertas dan kaleng soda yang lama, Anda mungkin akan terlalu khawatir tentang kekacauan untuk fokus pada menulis. Jika ruang Anda adalah kekacauan absolut, menginvestasikan beberapa jam di dalam ruang-membersihkan dan mengatur surat-surat Anda. Dan untuk menjaga ruang tampak bersih, menghabiskan beberapa menit pada akhir setiap hari merapikan semuanya. Dengan cara itu ruang Anda akan menjadi bersih dan terorganisir dengan baik ketika Anda kembali di pagi hari.

Good Luck... :-)

0 komentar:

Posting Komentar